//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36

Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38

Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/contents/show_detail.inc.php on line 42
<![CDATA[KINERJA LALU LINTAS PADA KAKI FLYOVER JALAN SUPRATMAN – JALAN JAKARTA DENGAN METODE GELOMBANG KEJUT]]> DWINA SHAFA APSARI / 222020144 Penulis
Pertumbuhan penduduk dan mobilitas tinggi di Kota Bandung meningkatkan volume lalu lintas, menyebabkan kemacetan, terutama di kaki flyover Jalan Supratman – Jalan Jakarta yang memiliki simpang tanpa sinyal dan penyempitan menjadi satu lajur. Penelitian ini menganalisis kinerja lalu lintas pada titik penyempitan menggunakan model Greenshields dan metode gelombang kejut (shockwave), dengan data volume, kecepatan, dan geometrik jalan pada waktu non-sibuk (11.00–13.00 WIB) dan sibuk (17.00–19.00 WIB). Hasil menunjukkan kapasitas segmen dua lajur (1.758,63 smp/jam) lebih besar dari segmen satu lajur (1.669,03 smp/jam), memicu terbentuknya gelombang kejut mundur bentukan (−0,979 km/jam), mundur pemulihan (−5,31 km/jam), dan maju bentukan (4,91 km/jam). Semakin tinggi arus lalu lintas, antrean semakin panjang dan waktu pemulihan lebih lama; misalnya arus 1.697,70 smp/jam menghasilkan antrean 100,06 m dengan pemulihan 6,13 menit, sedangkan arus 1.750 smp/jam menghasilkan antrean 557,26 m dengan pemulihan 11,30 menit