STRATEGI PEMASARAN BERDASARKAN POSITIONING MENGGUNAKAN PENDEKATAN MULTIDIMENTSIONAL SCALING, ANALISIS CLUSTER DAN PERCEPTUAL MAP. ( STUDI KASUS : POWERADE ISOTONIK ).
Dengan semakin banyaknya merek air minum isotonik yang beredar di pasaran, telah menyebabkan tingginya persaingan antara para produsen minuman isotonik Dalam kondisi pasar yang kompetitif, preferensi dan loyalitas pelanggan adalah kunci sukses. Terlebih pada kondisi sekarang, pemasaran merupakan pertempuran persepsi konsumen dan tidak lagi sekedar pertempuran produk. Berdasarkan hal tersebut PT Coca Cola Indonesia menilai diperlukannya suatu strategi pemasaran yang lebih beorientasi pada pasar, yaitu dengan cara membuat suatu kajian pemasaran yang mengikutsertakan persepsi dan preferensi konsumen terhadap produk minuman isotonik.
Dalam penelitian ini akan diketahui posisi merek minuman isotonik di Bandung berdasarkan persepsi (pandangan) dan preferensi (kecenderungan) konsumen yang akan dijadikan sebaga dasar dalam menyusun strategi pemsaran bagi produk Powerade Isotonik.
Metode yang digunakan untuk menggambarkan persepsi konsumen kedalam bentuk ruang dimensi yaitu dengan menggunakan metode Multidimensional Scalling, berdasarkan persepsi konsumen merek-merek minuman isotonik dikelompokkan dengan menggunakan analisis Cluster dan metode Perceptual Map digunakan untuk melihat hubungan persepsi dan preferensi konsumen berdasarkan atribut yang terpilih. Dari peta posisi, analisis cluster dan peta preferensi tersebut dilakukan analisis sehingga pihak produsen dapat meningkatkan daya saing produknya agar dapat menjaring konsumen sebanyak-banyaknya dan menghasilkan produk yang sedapat mungkin mendekati persepsi dan preferensi konsumennya.
Detail Information
Citation
APA Style
. (2008).STRATEGI PEMASARAN BERDASARKAN POSITIONING MENGGUNAKAN PENDEKATAN MULTIDIMENTSIONAL SCALING, ANALISIS CLUSTER DAN PERCEPTUAL MAP. ( STUDI KASUS : POWERADE ISOTONIK ). ().Teknik Industri:FTI
Chicago Style
.STRATEGI PEMASARAN BERDASARKAN POSITIONING MENGGUNAKAN PENDEKATAN MULTIDIMENTSIONAL SCALING, ANALISIS CLUSTER DAN PERCEPTUAL MAP. ( STUDI KASUS : POWERADE ISOTONIK ). ().Teknik Industri:FTI,2008.Text
MLA Style
.STRATEGI PEMASARAN BERDASARKAN POSITIONING MENGGUNAKAN PENDEKATAN MULTIDIMENTSIONAL SCALING, ANALISIS CLUSTER DAN PERCEPTUAL MAP. ( STUDI KASUS : POWERADE ISOTONIK ). ().Teknik Industri:FTI,2008.Text
Turabian Style
.STRATEGI PEMASARAN BERDASARKAN POSITIONING MENGGUNAKAN PENDEKATAN MULTIDIMENTSIONAL SCALING, ANALISIS CLUSTER DAN PERCEPTUAL MAP. ( STUDI KASUS : POWERADE ISOTONIK ). ().Teknik Industri:FTI,2008.Text