USULAN PENINGKATAN EKUITAS MEREK BERDASARKAN ELEMEN AWARNESS, MARKET BEHAVIOUR DAN LOYALTY MEASURES DARI BRAND EQUITY TEN ( STUDI KASUS PADA SKUTER MATIC HONDA VARIO ).
Terdapat beberapa faktor yang harus diperhatikan agar mendapatkan peluang pasar yang cukup baik. Salah satunya ialah dengan cara mengembangkan merek, dikarenakan merek mempunyai peran yang sangat penting. Dimana merek mempunyai sifat pembeda dibandingkan dengan produk yang dihasilkan kompetitor.
Saat ini terdapat beberapa merek skuter matic ternama di kota Bandung, salah satunya ialah Honda Vario. Pihak Honda mengeluarkan produk Vario pada tahun 2006 dikarenakan peluang pasar pada tahun tersebut masih cukup besar. Untuk mendapatkan pangsa pasar yang cukup baik merupakan tugas yang tidak mudah bagi pihak Honda, dikarenakan Honda Vario harus menghadapi beberapa produk pesaing dimana salah satunya yaitu Yamaha Mio. Untuk mendapatkan peluang pasar yang cukup baik, salah satunya ialah dengan cara mengembangkan merek.
Supaya dapat memberikan rencana langkah strategis perusahaan, maka perusahaan perlu memperhatikan brand equity (ekuitas merek), sehingga perusahaan dapat memenangkan persaingan. Ekuitas merek adalah seperangkat aset dan liabilitas merek yang berkaitan dengan suatu merek, nama dan simbolnya, yang menambah atau mengurangi nilai yang diberikan oleh sebuah barang atau jasa kepada perusahaan atau para pelanggan perusahaan (David A. Aaker, 1997). Nilai ekuitas merek berbanding lurus dengan daya tarik produk di mata konsumen, bahwa apabila semakin besar nilai ekuitas merek suatu produk maka semakin besar pula daya tariknya di mata konsumen untuk membeli produk tersebut.
Model Brand Equity Ten merupakan suatu model yang dikembangkan oleh David A. Aaker. Dalam model Brand Equity Ten, pengukuran dikelompokan dalam lima kategori, yaitu kesadaran merek (awareness measures), perilaku pasar (market behaviour measures), asosiasi merek (associations measures), persepsi kualitas/kepemimpinan (perceived quality/leadership measures), loyalitas merek (loyalty measures). Atribut-atribut Brand Equity Ten yang digunakan dalam penelitian ini ialah sebagai berikut : brand awareness (kesadaran merek), market share (pangsa pasar), market price & distribution coverage (harga pasar dan jangkauan distribusi), price premium (harga optimum), dan satisfaction/loyalty (kepuasan/loyalitas). Sedangkan kelima atribut Brand Equity Ten lainnya akan dibahas pada penelitian yang dilakukan oleh Robby, antara lain ialah : perceived value (persepsi nilai), brand personality (kepribadian merek), organizational associations (asosiasi organisasi), perceived quality (persepsi kualitas), dan leadership/popularity (kepemimpinan/popularitas).
Dengan menggunakan model Brand Equity Ten maka dapat dianalisis elemen-elemen yang lemah apabila dibandingkan dengan kompetitor. Berdasarkan perhitungan untuk masing-masing elemen, Honda Vario unggul dalam elemen perceived value, brand personality, organizational associations, market price, distribution coverage, dan perceived quality. Sedangkan Yamaha Mio unggul dalam elemen brand awareness, market share, price premium, leadership/popularity, dan loyalty/satisfaction.
Secara keseluruhan berdasarkan penelitian, nilai Brand Equity Ten Index Yamaha Mio lebih besar jika dibandingkan dengan Honda Vario. Nilai indeks untuk Yamaha Mio sebesar 62,33 sedangkan untuk Honda Vario sebesar 52,90. Ini menunjukkan bahwa ekuitas merek Yamaha Mio unggul jika dibandingkan dengan Honda Vario.
Detail Information
Citation
APA Style
. (2008).USULAN PENINGKATAN EKUITAS MEREK BERDASARKAN ELEMEN AWARNESS, MARKET BEHAVIOUR DAN LOYALTY MEASURES DARI BRAND EQUITY TEN ( STUDI KASUS PADA SKUTER MATIC HONDA VARIO ). ().Teknik Industri:FTI
Chicago Style
.USULAN PENINGKATAN EKUITAS MEREK BERDASARKAN ELEMEN AWARNESS, MARKET BEHAVIOUR DAN LOYALTY MEASURES DARI BRAND EQUITY TEN ( STUDI KASUS PADA SKUTER MATIC HONDA VARIO ). ().Teknik Industri:FTI,2008.Text
MLA Style
.USULAN PENINGKATAN EKUITAS MEREK BERDASARKAN ELEMEN AWARNESS, MARKET BEHAVIOUR DAN LOYALTY MEASURES DARI BRAND EQUITY TEN ( STUDI KASUS PADA SKUTER MATIC HONDA VARIO ). ().Teknik Industri:FTI,2008.Text
Turabian Style
.USULAN PENINGKATAN EKUITAS MEREK BERDASARKAN ELEMEN AWARNESS, MARKET BEHAVIOUR DAN LOYALTY MEASURES DARI BRAND EQUITY TEN ( STUDI KASUS PADA SKUTER MATIC HONDA VARIO ). ().Teknik Industri:FTI,2008.Text