Detail Cantuman

ANALISIS SEGMENTASI, TARGETING DAN POSITIONING SEBAGAI DASAR USULAN STRATEGI PEMASARAN DI ITENAS

ANALISIS SEGMENTASI, TARGETING DAN POSITIONING SEBAGAI DASAR USULAN STRATEGI PEMASARAN DI ITENAS


Adanya persaingan diantara perguruan tinggi baik negeri maupun swastamenyebabkan semakin sedikitnya peluang untuk menarik banyaknya calon konsumen dan mempertahankan jumlah konsumen Itenas. Saat ini, Itenas belum mengetahui segmentasi, targeting, dan positioning dalam persaingan, sehingga belum diketahui apakah strategi pemasaran yang telah dilakukan sesuai dengan kebutuhan konsumennya. Oleh karena itu, perlu dilakukan suatu penelitian terhadap konsumen Itenas untuk mengetahui apakah strategi pemasaran yang dilakukan sudah tepat, dengan melakukan analisis segmentasi, targeting dan positioning. Langkah awal penelitian adalah menyusun kuesioner penelitian berdasarkan karakteristik geografi, demografi dan perilaku (Kotler, 2005) serta karakteristik psikografi berdasarkan gaya hidup (Plummer, 1974) dan nilai-nilai individual (Kahle, 1989), yang sudah diidentifikasi atribut-atribut yang diperlukan untuk penelitian. Kemudian dilakukan penyebaran kuesioner dan didapat seratus buah kuesioner yang datanya dianggap layak untuk diolah. Langkah selanjutnya yaitu mengolah data geografi, demografi dan perilaku untuk melihat karakteristik/profil konsumen. Segmentasi konsumen dilakukan dengan mengelompokkan data psikografi. Pengolahan data psikografi menggunakan metode Partition Cluster, dengan menetapkan jumlah segmen di awal, yaitu 2-8 cluster. Data tersebut diolah dengan teknik K-Means Cluster. Output segmen yang digunakan hanya tabel Anova yang akan digunakan untuk analisis varians, yaitu untuk menganalisa jumlah segmen yang tepat. Berdasarkan pengolahan tersebut didapat jumlah segmen yang terpilih adalah 6 segmen. Dari hasil penelitian dapat dianalisis karakteristik dan gambaran konsumen pada 6 segmen tersebut. Kemudian dilanjutkan dengan analisis targeting untuk memilih segmen yang akan dijadikan target sasaran Itenas. Penentuan targeting dilakukan berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Berdasarkan kriteria tersebut maka keenam segmen terpilih menjadi target sasaran. Setelah targeting dilanjutkan dengan positioning dengan diferensiasi produk antar segmen. Diferensiasi produk Itenas untuk masingmasing segmen dibatasi hanya sebagai ide dasar pelayanan Itenas kepada mahasiswanya berdasarkan layanan akademik dan fasilitas. Usulan strategi dengan analisis segmentasi, targeting dan positioning Itenas perlu dilakukan penyempurnaan lebih lanjut agar dapat menghasilkan strategi pemasaran yang lebih tepat lagi. Itenas juga bisa mengembangkan variable penelitian sesuia dengan kebutuhan strategi yang ingin dilakukan Itenas.


LOADING LIST...

LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pengarang MEYLIN SELVIANA / 13.2005.058 - Personal Name
0422037203 - Sugih Arijanto ST.,M.M - Personal Name
0425107701 - Hendro Prassetiyo, S.T., M.T. - Personal Name
No. Panggil 1176TI/10
Subyek Segmentasi, Targeting, Positioning
Fakultas FTI
Tahun Terbit 2010
Jurusan Teknik Industri
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik


Citation

. (2010).ANALISIS SEGMENTASI, TARGETING DAN POSITIONING SEBAGAI DASAR USULAN STRATEGI PEMASARAN DI ITENAS().Teknik Industri:FTI

.ANALISIS SEGMENTASI, TARGETING DAN POSITIONING SEBAGAI DASAR USULAN STRATEGI PEMASARAN DI ITENAS().Teknik Industri:FTI,2010.Text

.ANALISIS SEGMENTASI, TARGETING DAN POSITIONING SEBAGAI DASAR USULAN STRATEGI PEMASARAN DI ITENAS().Teknik Industri:FTI,2010.Text

.ANALISIS SEGMENTASI, TARGETING DAN POSITIONING SEBAGAI DASAR USULAN STRATEGI PEMASARAN DI ITENAS().Teknik Industri:FTI,2010.Text

 



Homepage Info

Koleksi  ETD adalah merupakan Tugas Akhir mahasiswa Itenas dalam menempuh program Sarjana/Magister. Seluruh isi dari Tugas Akhir adalah merupakan tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Koleksi


Total ETDs : 19475

Total Kunjungan: 12811 dari Maret 2018

Media Sosial / Kanal

Address

UPT Perpustakaan Itenas
Jl. PKH. Mustopha No.23
Bandung 40124, Indonesia
Phone: +62-22-7272215,
email: libary[at]itenas.ac.id