ANALISIS SEGMENTASI, TARGETING DAN POSITIONING SEBAGAI DASAR USULAN STRATEGI PEMASARAN DI ITENAS
Adanya persaingan diantara perguruan tinggi baik negeri maupun swastamenyebabkan semakin sedikitnya peluang untuk menarik banyaknya calon konsumen dan mempertahankan jumlah konsumen Itenas. Saat ini, Itenas belum mengetahui segmentasi, targeting, dan positioning dalam persaingan, sehingga belum diketahui apakah strategi pemasaran yang telah dilakukan sesuai dengan kebutuhan konsumennya. Oleh karena itu, perlu dilakukan suatu penelitian terhadap konsumen Itenas untuk mengetahui apakah strategi pemasaran yang dilakukan sudah tepat, dengan melakukan analisis segmentasi, targeting dan positioning. Langkah awal penelitian adalah menyusun kuesioner penelitian berdasarkan karakteristik geografi, demografi dan perilaku (Kotler, 2005) serta karakteristik psikografi berdasarkan gaya hidup (Plummer, 1974) dan nilai-nilai individual (Kahle, 1989), yang sudah diidentifikasi atribut-atribut yang diperlukan untuk penelitian. Kemudian dilakukan penyebaran kuesioner dan didapat seratus buah kuesioner yang datanya dianggap layak untuk diolah. Langkah selanjutnya yaitu mengolah data geografi, demografi dan perilaku untuk melihat karakteristik/profil konsumen. Segmentasi konsumen dilakukan dengan mengelompokkan data psikografi. Pengolahan data psikografi menggunakan metode Partition Cluster, dengan menetapkan jumlah segmen di awal, yaitu 2-8 cluster. Data tersebut diolah dengan teknik K-Means Cluster. Output segmen yang digunakan hanya tabel Anova yang akan digunakan untuk analisis varians, yaitu untuk menganalisa jumlah segmen yang tepat. Berdasarkan pengolahan tersebut didapat jumlah segmen yang terpilih adalah 6 segmen. Dari hasil penelitian dapat dianalisis karakteristik dan gambaran konsumen pada 6 segmen tersebut. Kemudian dilanjutkan dengan analisis targeting untuk memilih segmen yang akan dijadikan target sasaran Itenas. Penentuan targeting dilakukan berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Berdasarkan kriteria tersebut maka keenam segmen terpilih menjadi target sasaran. Setelah targeting dilanjutkan dengan positioning dengan diferensiasi produk antar segmen. Diferensiasi produk Itenas untuk masingmasing segmen dibatasi hanya sebagai ide dasar pelayanan Itenas kepada mahasiswanya berdasarkan layanan akademik dan fasilitas. Usulan strategi dengan analisis segmentasi, targeting dan positioning Itenas perlu dilakukan penyempurnaan lebih lanjut agar dapat menghasilkan strategi pemasaran yang lebih tepat lagi. Itenas juga bisa mengembangkan variable penelitian sesuia dengan kebutuhan strategi yang ingin dilakukan Itenas.
Detail Information
Citation
APA Style
. (2010).ANALISIS SEGMENTASI, TARGETING DAN POSITIONING SEBAGAI DASAR USULAN STRATEGI PEMASARAN DI ITENAS ().Teknik Industri:FTI
Chicago Style
.ANALISIS SEGMENTASI, TARGETING DAN POSITIONING SEBAGAI DASAR USULAN STRATEGI PEMASARAN DI ITENAS ().Teknik Industri:FTI,2010.Text
MLA Style
.ANALISIS SEGMENTASI, TARGETING DAN POSITIONING SEBAGAI DASAR USULAN STRATEGI PEMASARAN DI ITENAS ().Teknik Industri:FTI,2010.Text
Turabian Style
.ANALISIS SEGMENTASI, TARGETING DAN POSITIONING SEBAGAI DASAR USULAN STRATEGI PEMASARAN DI ITENAS ().Teknik Industri:FTI,2010.Text