FORMULASI STRATEGI PERUSAHAAN CV. IDOLA INDONESIA DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN INDUSTRI TAS
Menurut data Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bandung dari Tahun 2006 hingga 2008 terjadi peningkatan unit usaha industri tas. Salah satu industri tas di Kota Bandung yaitu CV. Idola Indonesia yang memiliki penurunan tingkat penjualan dari Tahun 2006 hingga Tahun 2008. Fakta yang berbeda apabila jika dibandingkan dengan dua perusahaan pesaing utama produksi tas lainnya yaitu CV. Butik Kreasindo dan CV. Cahaya Alpina yang mengalami kenaikan volume penjualan. Untuk dapat terus bertahan maupun berkembang, CV. Idola Indonesia membutuhkan strategi untuk dapat menghadapi adanya persaingan dalam industri tas tersebut.
Strategi untuk dapat menghadapi adanya persaingan dalam industri tas tersebut menggunakan analisis perumusan strategi yaitu analisis GE (General Electric) yang berada pada posisi “selectivity” dengan alternatif strategi melindungi program yang ada dan investasi pada program yang berkonsentrasi pada segmen yang memiliki profitabilitas yang baik dan resiko yang relatif kecil, analisis BCG (Boston Consulting Group) yang berada pada posisi “question mark” dengan alternatif strategi membangun, dan analisis SWOT (Strengths Weaknesses Opportunities Threats) dengan alternatif strategi menanamkan investasi. Keseluruhan alternative strategi berdasarkan masing-masing analisis GE, BCG, dan SWOT digabung untuk dianalisis dengan menggunakan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) yang menghasilkan alternatif strategi terpilih yaitu “menanamkan investasi” dengan pre action plan menanamkan investasi dalam hal pembelian mesin, promosi, dan research atau penelitian.
Alternatif strategi yang terpilih memberikan kontribusi bagi perusahaan dengan memberikan alternatif strategi yang lebih terstruktur untuk dilakukan oleh perusahaan. Hal tersebut dapat terbukti dengan adanya proses perumusan strategi yang menghasilkan alternative strategi, konsekuensi yang dihadapi oleh perusahaan dengan diambilnya alternatif strategi tersebut, dan persiapan implementasi strategi yang dapat dilakukan oleh perusahaan.
Detail Information
Citation
APA Style
. (2010).FORMULASI STRATEGI PERUSAHAAN CV. IDOLA INDONESIA DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN INDUSTRI TAS ().Teknik Industri:FTI
Chicago Style
.FORMULASI STRATEGI PERUSAHAAN CV. IDOLA INDONESIA DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN INDUSTRI TAS ().Teknik Industri:FTI,2010.Text
MLA Style
.FORMULASI STRATEGI PERUSAHAAN CV. IDOLA INDONESIA DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN INDUSTRI TAS ().Teknik Industri:FTI,2010.Text
Turabian Style
.FORMULASI STRATEGI PERUSAHAAN CV. IDOLA INDONESIA DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN INDUSTRI TAS ().Teknik Industri:FTI,2010.Text