//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36

Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38
USULAN PERBAIKAN KUALITAS PROSES BISNIS DI INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT HASAN SADIKIN BANDUNG DENGAN MENGGUNAKAN METODE DESIGN FOR SIX SIGMA

Detail Cantuman

USULAN PERBAIKAN KUALITAS PROSES BISNIS DI INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT HASAN SADIKIN BANDUNG DENGAN MENGGUNAKAN METODE DESIGN FOR SIX SIGMA

USULAN PERBAIKAN KUALITAS PROSES BISNIS DI INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT HASAN SADIKIN BANDUNG DENGAN MENGGUNAKAN METODE DESIGN FOR SIX SIGMA


Perkembangan sektor jasa di Indonesia cukup pesat. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya persentase sektor jasa dalam Produk Domestik Bruto, yaitu dari 37,3% di tahun 1983 menjadi 42,4% pada tahun 1993 (Tjiptono, 1998). Salah satu sektor jasa yang sangat prospektif untuk masa kini dan masa mendatang adalah sektor pelayanan kesehatan. Adanya peningkatan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya kesehatan telah memacu pihak swasta asing maupun dalam negeri untuk mendirikan lembaga yang memberikan pelayanan kesehatan seperti rumah sakit.
Salah satu rumah sakit yang didirikan oleh pemerintah adalah Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung. Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung didirikan pada tahun 1920 dan merupakan rumah sakit tertua di Kota Bandung. Selain Rumah Sakit Hasan Sadikin, berdiri pula beberapa rumah sakit swasta maupun pemerintah di Kota Bandung seperti RS. Borromeus, RS. Advent, RS. Melinda, RS. Pertamina, RS.
Cicendo. Kondisi tersebut membawa perubahan pada iklim bisnis pelayanan kesehatan dimana setiap rumah sakit akan memperebutkan pasar yang ada untuk pelayanan yang sama. Sebagai akibatnya, masyarakat pemakai jasa yang semakin modern akan semakin selektif dan semakin kritis dalam menentukan pilihan pemenuhan kebutuhannya. Dengan demikian sistem ekonomi yang berlaku adalah sistem ekonomi pasar dimana pelanggan atau pemakai jasa adalah pihak yang paling perlu diperhatikan kepentingannya.
Dalam upaya mempertahankan eksistensi dan mengembangkan usaha di tengah persaingan yang semakin ketat, RSHS Bandung harus memperhatikan kualitas layanan yang diberikan pada para pelanggan atau pemakai jasanya secara konsisten dan berkesinambungan karena hanya rumah sakit yang mempunyai kualitas pelayanan yang unggul yang akan mendapatkan tempat di hati pelanggannya. Untuk meningkatkan kualitas pelayanannya, pihak RSHS Bandung telah mencanangkan bahwa pada tahun 2011 ingin menjadi rumah sakit mandiri dan prima dalam pelayanan, pendidikan dan penelitian di bidang kesehatan tingkat regional. Untuk mendukung program tersebut manajemen RSHS Bandung mulai membenahi pelayanan unit-unit di RSHS Bandung. Salah satu unit pelayanan di RSHS Bandung adalah pelayanan Instalasi Gawat Darurat. Instalasi Gawat Darurat (IGD) adalah unit yang bertujuan untuk menyediakan penanganan awal bagi konsumen (pasien) RSHS. Instalasi Gawat Darurat merupakan unit yang sangat penting karena menangani konsumen (pasien-pasien) yang kritis. Kinerja IGD RSHS Bandung selama ini dinilai konsumen kurang baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa komplain yang pernah dilayangkan akibat lambatnya pelayanan konsumen. Salah satu komplain yang pernah terjadi adalah keterlambatan penanganan konsumen selama 4 jam (Pikiran Rakyat, April 2009).
Komplain lain yang pernah dilayangkan pada IGD RSHS Bandung adalah adanya mal praktik dan lambatnya penanganan konsumen (pasien) yang menyebabkan konsumen (pasien) meninggal (Pikiran Rakyat, Juni 2009). Komplain tersebut menunjukan adanya ketidakpuasan terhadap pelayanan unit gawat darurat. Oleh karena itu RSHS Bandung khususnya unit gawat darurat harus memperbaiki sistem pelayanannya sehingga konsumen merasa puas.


LOADING LIST...

LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pengarang MUHAMMAD AMIN AULIA / 13.2005.081 - Personal Name
0425127201 - Hendang S. Rukmi, ST,, M.T. - Personal Name
0424116602 - Dwi Novirani ST., MT. - Personal Name
No. Panggil 1267TI/11
Subyek
Fakultas FTI
Tahun Terbit 2011
Jurusan Teknik Industri
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :

Citation

. (2011).USULAN PERBAIKAN KUALITAS PROSES BISNIS DI INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT HASAN SADIKIN BANDUNG DENGAN MENGGUNAKAN METODE DESIGN FOR SIX SIGMA().Teknik Industri:FTI

.USULAN PERBAIKAN KUALITAS PROSES BISNIS DI INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT HASAN SADIKIN BANDUNG DENGAN MENGGUNAKAN METODE DESIGN FOR SIX SIGMA().Teknik Industri:FTI,2011.Text

.USULAN PERBAIKAN KUALITAS PROSES BISNIS DI INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT HASAN SADIKIN BANDUNG DENGAN MENGGUNAKAN METODE DESIGN FOR SIX SIGMA().Teknik Industri:FTI,2011.Text

.USULAN PERBAIKAN KUALITAS PROSES BISNIS DI INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT HASAN SADIKIN BANDUNG DENGAN MENGGUNAKAN METODE DESIGN FOR SIX SIGMA().Teknik Industri:FTI,2011.Text

 



Homepage Info

Koleksi  ETD adalah merupakan Tugas Akhir mahasiswa Itenas dalam menempuh program Sarjana/Magister. Seluruh isi dari Tugas Akhir adalah merupakan tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Koleksi


Total ETDs : 19475

Total Kunjungan: 29627 dari Maret 2018

Media Sosial / Kanal

Address

UPT Perpustakaan Itenas
Jl. PKH. Mustopha No.23
Bandung 40124, Indonesia
Phone: +62-22-7272215,
email: libary[at]itenas.ac.id

Fatal error: Uncaught Error: Call to undefined function curl_init() in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:112 Stack trace: #0 {main} thrown in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 112