Detail Cantuman

USULAN PERBAIKAN PROSES PEMASARAN ITENAS BERDASARKAN IMPLEMENTASI HASIL RANCANGAN ALAT UKUR KINERJA PEMASARAN

USULAN PERBAIKAN PROSES PEMASARAN ITENAS BERDASARKAN IMPLEMENTASI HASIL RANCANGAN ALAT UKUR KINERJA PEMASARAN


Kota Bandung memiliki banyak perguruan tinggi swasta, berdasarkan data pada www.kopertis4.com jumlah perguruan tinggi swasta di kota Bandung pada tahun 2007 mencapai 133 perguruan tinggi swasta. Banyaknya perguruan tinggi swasta menyebabkan para calon mahasiswa semakin banyak memiliki pilihan dan perguruan tinggi swasta akan terlibat dalam persaingan untuk mendapatkan calon mahasiswa baru. Semakin banyaknya perguruan tinggi dan pengaruh faktor-faktor lainnya dapat menyebabkan jumlah calon mahasiswa baru yang mendaftar ke ITENAS semakin berkurang. Berdasarkan hasil data rekapitulasi mahasiswa yang mengikuti ujian saringan masuk di ITENAS, pada tahun 2006 sebanyak 4536, mengalami penurunan menjadi 2779 pada tahun 2007, 2543 pada tahun 2008, 2441 pada tahun 2009 serta 2824 pada tahun 2010. Berkurangnya calon mahasiswa secara signifikan pada tahun 2006 dan cenderung tetap pada tahun 2007 hingga 2010. Berkurangnya jumlah calon mahasiswa baru yang mendaftar ke ITENAS menyebabkan tingkat kesulitan ujian saringan masuk di ITENAS pun berkurang. Penyebab berkurangnya minat calon mahasiswa baru pada ITENAS dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satu faktornya adalah proses pemasaran karena dalam proses pemasaran sendiri terdapat proses-proses yang menjembatani perusahaan dengan konsumennya atau dalam penelitian ini adalah ITENAS dengan calon mahasiswa baru maupun mahasiswa. Dalam suatu badan usaha, pemasaran merupakan bagian yang penting karena didalam proses pemasaran terdapat proses untuk berkomunikasi dengan pelanggan, memahami kebutuhan pelanggan serta mendapatkan keuntungan dari proses memuaskan pelanggan. Proses pemasaran yang telah dilakukan oleh ITENAS hingga saat ini masih didominasi oleh proses promosi, sedangkan dalam usaha untuk melakukan penarikan calon mahasiswa baru, proses promosi sendiri dalam pemasaran dipengaruhi oleh proses pemasaran lainnya. ITENAS melakukan promosi melalui media cetak berupa pemasangan baligo pada sekitar kampus, media brosur, media televisi dan lain-lain. Selain didominasi oleh proses promosi, telah ada penelitian mengenai pemasaran di ITENAS baik yang dilakukan oleh ITENAS maupun oleh mahasiswa, tetapi penelitian tersebut belum terstruktur dan belum berkesinambungan. Penelitian mengenai strategi pemasaran di ITENAS mencakup pelayanan, Customer Relationship Management dan lain-lain. Perbedaan antara penelitian sebelumnya dengan penelitian ini adalah penelitian kali ini melakukan evaluasi terhadap sejauh mana proses pemasaran telah diterapkan secara keseluruhan di ITENAS. Proses evaluasi akan menunjukkan kekurangan-kekurangan ITENAS dalam menerapkan proses pemasaran yang menyeluruh berdasarkan dimensi dari Philip Kotler. ITENAS sendiri belum melakukan proses evaluasi dalam menilai penerapan proses pemasaran yang menyeluruh. Penelitian tugas akhir ini diperlukan untuk mengevaluasi penerapan proses pemasaran secara menyeluruh untuk mengetahui tingkat pencapaian dan tingkat kepentingan dari proses pemasaran secara keseluruhan di ITENAS.


LOADING LIST...

LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pengarang AKHMAD MUHARI GANDAMANAH / 13-2006-031 - Personal Name
0422037203 - Sugih Arijanto ST.,M.M - Personal Name
0425107701 - Hendro Prassetiyo, S.T., M.T. - Personal Name
No. Panggil 1268TI/11
Subyek
Fakultas FTI
Tahun Terbit 2011
Jurusan Teknik Industri
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :

Citation

. (2011).USULAN PERBAIKAN PROSES PEMASARAN ITENAS BERDASARKAN IMPLEMENTASI HASIL RANCANGAN ALAT UKUR KINERJA PEMASARAN().Teknik Industri:FTI

.USULAN PERBAIKAN PROSES PEMASARAN ITENAS BERDASARKAN IMPLEMENTASI HASIL RANCANGAN ALAT UKUR KINERJA PEMASARAN().Teknik Industri:FTI,2011.Text

.USULAN PERBAIKAN PROSES PEMASARAN ITENAS BERDASARKAN IMPLEMENTASI HASIL RANCANGAN ALAT UKUR KINERJA PEMASARAN().Teknik Industri:FTI,2011.Text

.USULAN PERBAIKAN PROSES PEMASARAN ITENAS BERDASARKAN IMPLEMENTASI HASIL RANCANGAN ALAT UKUR KINERJA PEMASARAN().Teknik Industri:FTI,2011.Text

 



Homepage Info

Koleksi  ETD adalah merupakan Tugas Akhir mahasiswa Itenas dalam menempuh program Sarjana/Magister. Seluruh isi dari Tugas Akhir adalah merupakan tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Koleksi


Total ETDs : 19475

Total Kunjungan: 8900 dari Maret 2018

Media Sosial / Kanal

Address

UPT Perpustakaan Itenas
Jl. PKH. Mustopha No.23
Bandung 40124, Indonesia
Phone: +62-22-7272215,
email: libary[at]itenas.ac.id