USULAN PERANCANGAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN MENGGUNAKAN METODA BALANCED SCORECARD ( BSC ) MELALUI PERSPEKTIF PELANGGAN.
Strategi merupakan suatu teori tentang bagaimana mencapai sasaran perusahaan (Tunggal, 2005). Pada dasarnya perusahaan yang bertahan adalah perusahaan yang mampu menerapkan strateginya dengan tepat dan sejalan dengan visi serta misinya. Pengukuran kinerja yaitu suatu tindakan pengukuran terhadap berbagai aktivitas yang ada dan dilakukan oleh perusahaan. Keseimbangan antara penerapan strategi dengan kinerja perusahaan dapat terlaksana demi berkembangnya perusahan tersebut.
PT.Chitose Indonesia Manufaktur (PT.CIM) merupakan salah satu perusahaan penghasil kursi di Indonesia. Dimana visi dan misi merupakan sasaran yang ingin dicapai oleh perusahaan dalam jangka panjang. Pencapaian tujuan visi dan misi PT.CIM hanya dilihat dari aspek yang terukur seperti finansial dan belum memperhatikan sektor lain seperti: pelanggan, proses bisnis internal, dan proses pembelajaran serta pertumbuhan. Oleh karena itu perlu dilakukan pengukuran kinerja dari berbagai aspek tersebut untuk mencapai keseimbangan dalam pencapaian visi serta misi yang diinginkan oleh perusahaan.
Balanced Scorecard merupakan metode yang bisa mengukur kinerja perusahaan dalam segala aspek, sehingga kinerja perusahaan sangat terlihat dari masalah besar hingga masalah kesil di dalam sistem perusahaan. Dimana Balanced Scorecard menerjemahkan visi, misi dan strategi perusahaan ke dalam seperangkat ukuran menyeluruh yang memberi kerangka kerja bagi pengukuran dan manajemen strategis (Kaplan dan Norton, 2000). Scorecard megukur kinerja perusahaan pada empat perspektif yang seimbang (balanced): finansial, pelanggan, proses bisnis internal, dan proses pembelajaran serta pertumbuhan. Metode Balanced Scorecard memungkinkan perusahaan mencatat hasil kinerja finansial sekaligus memantau kemajuan perusahaan dalam membangun kemampuan dan mendapatkan aktiva tak terwujud yang dibutuhkan untuk pertumbuhan di masa datang. Penelitian tugas akhir ini hanya berkonsentrasi pada penelitian terhadap perspektif pelanggan sedangkan untuk ketiga perdpektif lainnya akan diteliti oleh ketiga peneliti lainnya.
Pada penelitian ini akan dirancang suatu pengukuran kinerja dengan menggunakan Balanced Scorecard melalui perspektif pelanggan yang didalamnya terdapat: visi, misi, tujuan strategis, ukuran strategis (lead dan lag indicator), nilai ukuran strategis dan target yang ingin dicapai di tahun yang akan datang. Hasil akhir penelitian ini yaitu diagram keterkaitan keempat perspektif di dalam Balanced Scorecard. Balanced Scorecard memiliki keterbatasan yaitu bernilai statis. Oleh karena itu untuk mengatasi keterbatasan tersebut selain menggunakan metoda Balanced Scorecard dikembangkan pula rancangan causal loop diagram untuk melihat keterkaitan setiap perspektif secara dinamis dengan memberikan loop umpan balik.
Detail Information
Citation
APA Style
. (2008).USULAN PERANCANGAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN MENGGUNAKAN METODA BALANCED SCORECARD ( BSC ) MELALUI PERSPEKTIF PELANGGAN. ().Teknik Industri:FTI
Chicago Style
.USULAN PERANCANGAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN MENGGUNAKAN METODA BALANCED SCORECARD ( BSC ) MELALUI PERSPEKTIF PELANGGAN. ().Teknik Industri:FTI,2008.Text
MLA Style
.USULAN PERANCANGAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN MENGGUNAKAN METODA BALANCED SCORECARD ( BSC ) MELALUI PERSPEKTIF PELANGGAN. ().Teknik Industri:FTI,2008.Text
Turabian Style
.USULAN PERANCANGAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN MENGGUNAKAN METODA BALANCED SCORECARD ( BSC ) MELALUI PERSPEKTIF PELANGGAN. ().Teknik Industri:FTI,2008.Text