//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36
Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/contents/show_detail.inc.php on line 42
Khoeroni / 222009090
Dosen Pembimbing 1
Sofyan Triana, S.T., M.T.
Sektor transportasi khususnya sistem angkutan umum dan pelayanannya memegang
peranan penting dalam segala aktifitas masyarakat kota, maka dituntutlah tersedianya
angkutan umum yang memenuhi syarat kelancaran, kenyamanan dan keamanan. Hal ini
merupakan yang melatarbelakangi penelitian kinerja Bus Trans Metro Bandung (TMB).
Kinerja Bus TMB meliputi jumlah penumpang (Load factor), headway, waktu
tempuh, waktu sirkulasi, waktu henti dan jumlah armada. Berdasarkan hasil analisis kinerja
angkutan kota pada kondisi eksisting menunjukan nilai load factor rata-rata kurang dari
70%. Nilai headway didapat sebesar 10-18 menit dengan waktu tempuh rata-rata sebesar
55 menit. Kecepatan tempuh rata-rata sebesar 13 km/jam. Analisis lain yang dilakukan
adalah melakukan simulasi penumpang terpadat (pada waktu lalu lintas puncak). Pada
analisis tersebut dihasilkan load factor lebih dari 70% dengan kebutuhan jumlah Bus TMB
sebanyak 12 unit.
Untuk mengantisipasi kondisi puncak, dapat dilakukan dengan mengoperasikan 10
Bus TMB eksisting dengan mengurangi waktu tempuh, waktu headway dan waktu henti di
Terminal.