//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36
Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/contents/show_detail.inc.php on line 42
FINA HASANAH / 222009025
Dosen Pembimbing 1
Dr. techn. Indra Noer Hamdhan, S.T., M.T.
Perbedaan elevasi dari suatu permukaan tanah sering kali menyebabkan kelongsoran, seperti yang terjadi di areal
Jalan Sukarno-Hatta, Palembang. Dalam studi ini yang menjadi permasalahan adalah turunnya permukaan jalan
mencapai 1 meter setelah terjadi hujan selama 2 hari berturut-turut. Studi ini bertujuan untuk melakukan pemodelan
kelongsoran yang terjadi dengan menggunakan metode elemen hingga (analisis balik) pada kondisi eksisting di areal
Jalan Sukarno-Hatta untuk memperoleh parameter tanah rencana yang selanjutnya digunakan untuk analisis stabilitas
lereng dengan kondisi perkuatan. Lokasi yang ditinjau dalam pemodelan ini adalah STA 14+200 yang mewakili
kelongsoran.
Dalam analisis ini dihasilkan parameter tanah rencana yang akan digunakan dalam analisis stabilitas lereng dengan
perkuatan. Analisis dengan perkuatan inipun dilakukan dengan metode elemen hingga, dimana stabilitas lereng
dengan perkuatan yang digunakan adalah turap dan dinding penahan tanah. Pemodelan perkuatan ini dilakukan
dengan variasi posisi. Hasil dari analisis stabilitas lereng kondisi dengan perkuatan pada STA 14+200 menunjukan
bahwa adanya variasi posisi perkuatan, dimana pada STA 14+200 memberikan perbedaan faktor keamanan yang
signifikan. Pada STA 14+200 dengan perkuatan turap didapat angka keamanan (SF) = 1,441 dengan letak turap
sesuai posisi 2. Sedangkan untuk perkuatan dengan dinding penahan tanah, angka keamanan (SF) = 1,987 untuk
STA 14+200 pada posisi DPT No. 2