//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36
Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/contents/show_detail.inc.php on line 42
Raja Binton Simanjuntak / 222010105
Dosen Pembimbing 1
Dr. Dwi Prasetyanto, Ir., MT
Kostruksi perkerasan lentur terdiri dari lapisan-lapisan yang diletakkan di atas tanah dasar yang
telah dipadatkan yang berfungsi untuk menerima beban lalu lintas dan menyebarkannya ke lapisan
di bawahnya . Berbagai metode digunakan dalam perencanaan tebal perkerasan lentur antara lain
AASHTO, Metode The Asphalt Istitute, Austroads, dan Analisa Komponen.. Penelitian ini
dimaksudkan untuk mempelajari metode dalam perencanaan tebal perkerasan lentur menggunakan
metode, Austroads 1992.
Metode Austroads merupakan metode mekanistik yang dikembangkan berdasarkan teori
matematis dari regangan pada setiap lapisan perkerasan akibat beban berulang dari lalu lintas.
Metode mekanistik yang banyak digunakan biasanya berdasarkan teori elastik yang membutuhkan
modulus elastis dan poisson rasio dari setiap bahan lapis perkerasan.
Adapun data yang digunakan adalah data asumsi berupa data lalu lintas, data tanah, geometrik
jalan, umur rencana dan regangan vertical. Parameter yang digunakan dalam metode Austroad ini
adalah daya dukung tanah dasar, tempratur, faktor lalu lintas dan jenis material.
Bahan lapis permukaan menggunakan beton aspal dengan modulus vertikal dan horizontal
2000MPa, volume bitumen 15%, angka posion rasio 0,4 dan menghasilkan tebal lapis beton aspal
sebesar 11 cm sedangkan untuk lapis pondasi menggunakan bahan butiran yang dibagi 3 sub
lapisan masing - masing setebal 12 cm, 12 cm, dan 11 cm dengan modulus vertikal secara
berurutan 63,572 MPa, 112,550 MPa, dan 190 MPa dan angka posion rasio 0,35.