//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36
Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/contents/show_detail.inc.php on line 42
Randy Nursandy Ardiyan 222008014
Dosen Pembimbing 1
Sofyan Triana, S.T., M.T.
Penulis
Hambatan samping merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan terjadinya penurunan
kapasitas ruas jalan. Hambatan samping dapat berupa pejalan kaki, kendaraan parkir/berhenti,
kendraan keluar/masuk dari/ ke sisi jalan; dan kendaraan bergerak lambat. Penelitian ini dilakukan
dengan mengambil kasus di depan Kampus Itenas dengan tujuan untuk mengetahui besarnya
pengaruh hambatan samping terhadap kapasitas ruas jalan P.K.H. Mustafa Kota Bandung. Kajian
kinerja ruas jalan tersebut menggunakan peraturan Manual Kapasitas Jalan Indonesia Tahun 1997
(MKJI 1997), dengan membandingkan dua kondisi derajat kejenuhan pada saat ada aktifitas
mahasiswa dan tidak adanya aktifitas mahasiswa. Hasil yang diperoleh untuk nilai tingkat derajat
kejenuhan (DS) untuk adanya aktifitas mahasiswa dan tidak ada aktifitas mahasiwa secara
berurutan yaitu, untuk nilai derajat kejenuhan pada waktu pagi 0,89 dan 0,8 sedangkan pada waktu
sore hari didapat 1,18 dan 1,06.