//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36

Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38

Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/contents/show_detail.inc.php on line 42
<![CDATA[KAJI BANDING PERENCANAAN TEBAL LAPIS TAMBAH PERKERASAN LENTUR BERDASARKAN METODE MANUAL BINA MARGA 1979, MANUAL NO. 01/ MN/B/1983 DAN PEDOMAN NO. PD.T-05-2005-B.]]> NURULIA SEFRIANDARI / 22.2003.081 Dosen Pembimbing 1 Dr. Dwi Prasetyanto, Ir., M.T. Samun Haris, MT.
Perkerasan suatu jalan yang telah digunakan sebagai sarana lalu lintas dengan jumlah kendaraan tertentu, maka akan mengalami perubahan baik pada permukaan jalan maupun perkerasannya, yang menyangkut menurunnya tingkat pelayanan, kekuatan konstruksinya, maupun keamanan dan kenyamanan bagi pemakai jalan. Lapis tambah perkerasan lentur merupakan bagian dari konsep pemeliharaan jalan yang dikelompokkan pada Program Peningkatan Jalan dengan tujuan memperbaiki kondisi jalan yang kemampuannya tidak mantap atau kritis menjadi perkerasan jalan dengan kemampuan mantap. Dalam tugas akhir ini, pembahasan meliputi prosedur perhitungan tebal lapis tambah dan metode yang digunakan, sehingga mendapatkan tebal lapis tambah berdasarkan Manual Pemeriksaan Perkerasan Jalan dengan Alat Benkelman Beam Pedoman Bina Marga 1979, Manual Pemeriksaan Perkerasan Jalan dengan Alat Benkelman Beam No.01/MN/B/1983 dan Pedoman Tebal Lapis Tambah Perkerasan Lentur dengan Metode Lendutan Pedoman No.Pd.T-05-2005-B. Ketiga metode ini menggunakan alat Benkelman Beam untuk mendapatkan besar lendutan balik dan kemudian digunakan untuk menghitung tebal lapis tambah yang dibutuhkan. Dari Hasil perhitungan dengan menggunakan ketiga metode diperoleh tebal lapis tambah dengan cara Manual Bina Marga 1979 adalah 5 cm, Manual No.01/MN/B/1983 adalah 3 cm dan untuk Pedoman No.Pd.T-05-2005-B adalah 13,9 cm. Perbedaan tebal perkerasan tersebut disebabkan oleh adanya perbedaan kurva dan rumus yang digunakan.