//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36
Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/contents/show_detail.inc.php on line 42
ARYANI DINA MIRANTI / 22.2003.041 / SI
Dosen Pembimbing 1
Dr. Dwi Prasetyanto, Ir., M.T.
Samun Haris, MT.
Jalan merupakan salah satu bentuk utama transportasi darat yang diharapkan dapat memikul arus lalu lintas yang semakin hari semakin tinggi. Oleh karena itu perkerasan jalan dituntut untuk memiliki mutu yang terbaik agar dapat menerima beban lalu lintas, memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengguna jalan serta tidak mudah mengalami kerusakan-kerusakan sebelum umur rencana berakhir. Dalam Tugas Akhir ini dibuat perencanaan perkerasan lentur (flexible pavement) dengan menggunakan metode Bina Marga 2002. Ada beberapa faktor penting yang digunakan dalam perencanaan tersebut yaitu beban lalu lintas, data tanah, serta faktor reliabilitas. Data yang digunakan dalam perencanaan ini adalah data sekunder dari pembangunan jalan pada ruas Banjar-Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat dengan umur rencana 10 tahun. Hasil perencanaan perkerasan dengan menggunakan Metode Bina Marga 2002, menghasilkan lapisan perkerasan dengan tebal lapis permukaan (LASTON MS 744) sebesar 14 cm, dan lapis pondasi (Batu Pecah CBR 80%) sebesar 24 cm.