//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36
Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/contents/show_detail.inc.php on line 42
Maulana Fajar Fahrizal /22 2007 084
Penulis
0416045901 - Dr. Dwi Prasetyanto, Ir., M.T
Perkerasan jalan merupakan suatu lapisan yang diantara lapisan tanah dasar dan roda kendaraan.
Lapisan perkerasan berfungsi menerima beban lalu lintas kemudian meyebarkan ke lapisan di bawahnya.
Metode penelitian yang digunakan dalam perencanaan tebal perkerasan lentur ini adalah Manual Desain
Perkerasan Jalan Nomor 02/M/BM 2013. Penilitian ini dimaksudkan untuk mengkaji perencanaan tebal
perkerasan lentur menggunakan Manual Desain Perkerasan Jalan Nomor 02/M/BM 2013.
Dengan mempertimbangkan apakah metode Manual Desain Perkerasan Jalan Nomor 02/M/BM
2013 itu dapat diterapkan di indonesia, maka dilakukan studi literatur untuk memeriksa metode tersebut.
Data yang digunakan pada penelitian ini berupa data simulasi, yaitu data geometrik, data lalu lintas dan
data tanah. Data geometrik berupa jalan 2 lajur 2 arah dengan lebar per lajur 3,5 m
Berdasarkan Manual Desain Perkerasan Jalan Nomor 02/M/BM 2013 ( BM 2013 ) lapis
permukaan aspal beton AC-WC = 4 cm, lapis Aspal beton AC-BC = 13,5 cm, lapis pondasi bawah LPA
kelas A = 15 cm, dan lapis pondasi bawah LPA kelas B = 15 cm sedangkan berdasarkan Pedoman Pt T-
01-2002-B ( Depkimpraswil 2002 ) tebal perkerasan adalah, lapis permukaan Aspal Beton = 20 cm,
lapis pondasi granular = 17,5 cm dan lapis pondasi bawah granular = 27,5 cm.