//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36
Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/contents/show_detail.inc.php on line 42
Rahmi Zurni, S.T., M.T.
Dr. Dwi Prasetyanto, Ir., M.T.
M. Muki Wiharto / 22-2011-125
Penulis
Prasarana jalan merupakan bagian dari sistem transportasi di Indonesia yang mempunyai
peranan yang sangat penting dalam membantu pertumbuhan di bidang ekonomi, sosial, budaya,
serta pemerataan dan pembangunan di Indonesia. Jalan harus memiliki mutu yang baik, oleh
karena itu lapisan permukaan sering kali dibuat dengan menggunakan material pengikat seperti
aspal atau semen. Untuk mengurangi ketergantungan material aspal yang ketersediaannya sangat
terbatas, pada penelitian ini limbah las karbit bisa dijadikan sebagai bahan substitusi pada aspal.
Penelitian ini dilakukan dengan mencampur aspal shell pen 60 dengan limbah las karbit
yang berkadar 0%,2,5%, dan 5% terhadap berat aspal. Pengujian aspal yang dilakukan pada
penelitian ini adalah penetrasi, titik lembek, daktilitas, berat jenis, titik nyala, titik bakar,
viskositas, kehilangan berat (TFOT), penetrasi setelah kehilangan berat, dan daktilitas setelah
kehilangan berat.
Hasil uji coba laboratorium aspal bercampur limbah las karbit menunjukan penetrasi, titik
nyala, daktilitas, dan penetrasi setelah kehilangan berat menurun. Nilai titik lembek, viskositas,
kehilangan berat (TFOT), dan berat jenis meningkat. Nilai daktilitas setelah kehilangan berat
cenderung meningkat daripada nilai daktilitas sebelum kehilangan berat, hal ini dipengaruhi oleh
pemanasan aspal yang terlalu lama mengakibatkan kandungan yang ada di dalam limbah las
karbit menguap dan sifat aspal kembali seperti semula. Dilihat dari nilai pengujian dapat
disimpulkan bahwa aspal shell memenuhi persyaratan aspal pen 60 - 70 dan aspal shell bercampur limbah las karbit dengan kadar 2,5%, dan 5% memenuhi persyaratan aspal modifikasielastomer sintetis.