//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36

Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38

Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/contents/show_detail.inc.php on line 42
<![CDATA[DESAIN TEBAL LAPIS TAMBAH MENGGUNAKAN METODE MANUAL DESAIN PERKERASAN 2013]]> Rahmi Zurni, S.T., M.T. Azhandi Usemahu /22 2012 116 Penulis Ranna Kurnia, S.T., M.T.
Jalan merupakan prasarana transportasi darat yang mempunyai peranan penting dalam mendukung aktifitas masyarakat, sehingga diharapkan kondisi jalan tetap dalam keadaan prima yang dapat memberikan keselamatan dan kenyamanan bagi penggunanya selama umur rencana. Pertumbuhan kendaraan yang begitu banyak berdampak pada kondisi jalan, oleh karena itu untuk mempertahankan kondisi jalan dalam keadaan prima perlu dilakukan penanganan, salah satunya dengan menggunakan lapis tambah. Salah satu metode perencanaan tebal lapis tambah adalah Manual Desain Pekerasan 2013. Manual ini berisikan proses penentuan besarnya tebal lapis tambah yang disesuaikan dengan data pengujian lendutan Benkelman Beam serta kondisi visual di lapangan dengan menggunakan grafik kurva lendutan dan tebal lapis tambah berdasarkan International Roughness Index (IRI). Penelitian ini dilakukan pada Ruas Jalan Kotania – Waisala dengan hasil analisis yang didapat yaitu ESA sebesar 160.000 lss/UR/Lajur Rencana dengan tebal lapis tambah perkerasan lentur sebesar 55 mm menggunakan campuran Laston AC-WC