//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36

Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38

Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/contents/show_detail.inc.php on line 42
<![CDATA[DESAIN PERKERASAN KAKU LANDAS PACU MENGGUNAKAN METODE FAA DENGAN PROGRAM FAARFIELD DAN COMFAA]]> Ir. Silvia Sukirman Taufik Dimitri / 22 2012 029 Penulis Putu Kresna Jaya, S.T., M.T.
Perkerasan kaku merupakan salah satu komponen pada runway yang harus didesain dan dievaluasi agar dapat melayani lalu-lintas pesawat sehingga tidak menyebabkan kerusakan dan mengakibatkan terganggunya kinerja bandara. FAARFIELD dan COMFAA merupakan program untuk mendesain dan mengevaluasi tebal perkerasan kaku runway yang mengacu pada metode FAA Pada penelititan ini program FAARFIELD digunakan untuk mendesain tebal perkerasan kaku, sedangkan program COMFAA digunakan untuk mengevaluasi tebal perkerasan yang telah didesain. Studi kasus pada penelitian ini adalah merancang perkerasan kaku runway 3 Bandara Soekarno-Hatta yang memiliki panjang 3660 m dan lebar 60 m. Dari hasil desain didapatkan, tebal pelat beton K-400 50 cm, tebal graded crushed aggregat (P- 209) 30 cm dan econocrete (P-306) 20 cm. Penulangan pelat beton menggunakan tulangan D19-150 mm, dowel D40 dengan panjang 510 mm dan spasi 480 mm, tie bars D16 dengan panjang 762 mm dan spasi 762 mm. Kodefikasi perkerasan adalah 104/R/B/W/T. Biaya kontruksi perkerasan kaku adalah Rp. 364 miliar.