//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36
Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/contents/show_detail.inc.php on line 42
Rahmi Zurni, S.T., M.T.
Wildan Nurkarim Tresna /22 2012 047
Penulis
Welly Pradipta, S.T., M.T.
Jalan merupakan prasarana yang menunjang kebutuhan hidup masyarakat dalam melaksanakan
aktivitas sehari-hari. Jalan direncanakan memiliki umur rencana tertentu dan dapat melayani kondisi
lalulintas yang ada, dengan harapan bahwa jalan masih tetap dapat melayani lalulintas dengan tingkat
pelayanan pada kondisi yang baik selama umur rencana.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kinerja struktural dari perkerasan lentur pada
ruas Jalan Bulontio – Tolinggula, Provinsi Gorontalo dengan cara menentukan umur sisa dan tebal lapis
tambah pada perkerasan jalan tersebut. Metode yang digunakan pada penelitian ini berdasarkan metode
AASHTO 1993.
Dari hasil didapat, umur sisa terkecil adalah 0,02% pada STA 128+279 – 128+758 arah Bulontio
– Tolinggula yang menandakan struktur perkerasan sudah hampir mencapai kehancuran, sedangkan umur
sisa terbesar yaitu 93,77% pada STA 167+959 – 167+553 arah Tolinggula - Bulontio yang menandakan
kondisi struktur perkerasan yang masih dalam keadaan baik. Tebal lapis tambah terbesar yang dibutuhkan
adalah 4,01 inci pada STA 136+757 – 135+169 arah Tolinggula – Bulontio, sedangkan yang terkecil yaitu
tebal minimum lapisan AC-WC adalah 1,57 inci.