//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36
Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/contents/show_detail.inc.php on line 42
Rahmi Zurni, S.T.,M.T.
Welly Pradipta, S.T.,M.T.
Ganny Rian Kusnandar / 22 2012 050
Penulis
Kondisi jalan di Indonesia saat ini cukup mengkhawatirkan, banyak jalan-jalan di Indonesia yang mengalami kerusakan, maka dari kondisi tersebut jalan memerlukan penangan yang serius. Data lendutan dan data International Roughness Index digunakan untuk mendapatkan penanganan jalan yang akan dilakukan.
Penanganan jalan dianalisis menggunakan metode AASHTO 1993, dimana hasilnya berupa nilai SN (Structural Number). Nilai SN sangat dipengaruhi oleh data lendutan dari alat FWD dan data International Roughness Index dari survei alat Mata Garuda.Perbandingan nilai SNeff dengan SNf menghasilkan nilai SCI (Stuctural Condition Index) yang menentukan penanganan jalan tersebut.
Hasil analisis diperoleh nilai SCI yang bervariasi, sehingga menghasilkan penanganan jalan yang berbeda-beda setiap segmennya.Nilai SCI terendah adalah 0,18 dengan penanganan berupa rekontruksi, sedangkan untuk nilai SCI terbesar adalah 1,19 dengan penanganan berupa pemeliharaan.