//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36
Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/contents/show_detail.inc.php on line 42
Dwi Kurniawan, S.T., M
Ratna Puspitaningsih. ST., MBA
FAHMI MUHAMMAD FAUZI /13-2012-199
Penulis
Persaingan pelayanan kesehatan semakin ketat, membuat fasilitas pelayanan
kesehatan harus memiliki keunggulan kompetitif. Pengukuran kinerja dilakukan
oleh sebagian perusahaan untuk dapat mengetahui sejauh mana keberhasilan
perusahaan dalam menjalankan program dan diukur menggunakan parameter
keberhasilan. Pengukuran kinerja tradisional hanya mengukur keberhasilan
dengan melihat faktor keuangan saja. Kehadiran metode Balanced Scorecard
sebagai suatu metode pengukuran kinerja yang tidak hanya mementingkan
faktor keuangan saja, tetapi pengukuran non keuangan yang dimaksudkan
untuk meningkatkan efektifitas pengolahan klinik. Pemanfaatan Balanced
Scorecard tidak hanya menggunakan oleh perusahaan manufaktur atau
perusahaan bisnis yang menghasilkan produk, tetapi dapat juga diterapkan
pada perusahaan jasa seperti pelayanan kesehatan. Metode Balanced
Scorecard diterjemahkan langsung dari visi, misi dan strategi untuk mengukur
faktor kesuksesan dan dapat di definisikan sehingga pelayanan kesehatan
dapat menilai kinerja serta dapat melakukan penyusunan rencana strategis.