//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36
Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/contents/show_detail.inc.php on line 42
Dr. Samun Haris, Ir.,M.T.
Dosen Pembimbing 1
Mochamad Ishaq Iskandar /22 2013 179
Penulis
Jalan merupakan prasarana transportasi darat yang selalu digunakan masyarakat dalam melaksanakan aktivitas sehari- ari. Penggunaan beban lalu lintas dapat menyebabkan dampak kondisi perkerasan jalan menjadi rusak. Oleh karena itu, diperlukan adanya upaya pemeliharaan jalan agar jalan dapat melayani lalu lintas selama umur rencana. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tebal lapis tambah (overlay) perkerasan lentur yang diperlukan pada ruas jalan Citarum- ajamandala Km. 32+200 - Km. 36+040. Lendutan perkerasan di lapangan diuji dengan menggunakan alat Falling Weight Deflectometer (FWD) dan perhitungan analisis tebal lapis tambah menggunakan metode AASHTO 1993 dan Manual Desain Perkerasan Jalan 2013. Hasil yang didapat dari analisis ersebut yaitu nilai modulus tanah dasar (MR) sebesar 2,975.567 psi, nilai CESA pada kondisi umur rencana (UR) 10 tahun dan pertumbuhan lalu lintas 5 % sebesar 2,965,604 lss/UR /Lajur Rencana. Hasil tebal lapis tambah dengan metode AASHTO 1993 berdasarkan nilai angka struktural (SN) didapatkan tebal sebesar 4 cm sedangkan hasil dari Manual Desain Perkerasan Jalan 2013 berdasarkan nilai lendutan dan nilai International Roughness Index (IRI) hanya diperlukan penanganan berupa pemeliharaan rutin.