//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36

Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38

Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/contents/show_detail.inc.php on line 42
<![CDATA[PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN JALAN LOGGING DI KABUPATEN PENAJAM, KALIMANTAN TIMUR]]> 8860110016 - Silvia Sukirman., Ir.,M. Si Dosen Pembimbing 1 Welly Pradipta, S.T., M.T. Dosen Pembimbing 2 M. Algi Brilianto /22 2013 313 Penulis
Perkerasan merupakan salah satu komponen prasarana pada kegiatan logging yang harus didesain agar dapat melayani lalu-lintas kendaraan berat. metode Austroads 2006 dan metode Bina Marga 2017 merupakan panduan yang digunakan untuk mendesain tebal lapis perkerasan dengan volume lalulintas yang rendah dengan jenis lapis perkerasan yang digunakan adalah perkerasan tanpa lapis penutup aspal, sehingga dapat digunakan dalam perencanaan tebal perkerasan jalan logging. Studi kasus untuk penelitian ini dilakukan di Kabupaten Penajam, Kalimantan Timur. Berdasarkan data yang diperoleh dari konsultan perencana, niilai CBR pada ruas jalan rencana dibagi menjadi empat segmen dengan nilai CBR pada segmen 1=3%, segmen 2=9%, segmen 3=29% dan segmen 4=9%. Perencanaan dilakukan dengan umur rencana 10 tahun dan tingkat pertumbuhan 3%. Jenis perkerasan yang digunakan pada metode Autroads 2006 berupa batu pecah dengan ukuran butir maksimum 14mm yang memiliki nilai CBR 40%-80% sebagai lapis permukaan dan batu pecah dengan ukuran butir maksimum 10mm yang memiliki nilai CBR 20%-30% sebagai lapis pondasi, sedangkan jenis perkerasan yang digunakan pada metode Bina Marga 2017 adalah lapis pondasi agregat kelas S dengan nilai CBR 50% sebagai lapis permukaan dan sitru/pitrun dengan nilai CBR 30% sebagai lapis pondasi. Hasil perencanaan tebal perkerasan menggunakan metode Austroads 2006 untuk segmen 1=480 mm, segmen 2=320 mm, segmen 3=160 mm dan segmen 4=320 mm. Hasil perencanaan tebal perkerasan menggunakan metode Bina Marga 2017 untuk segmen 1=480 mm, segmen 2=260 mm, segmen 3=140 mm dan segmen 4=260 mm.