//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36

Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38

Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/contents/show_detail.inc.php on line 42
<![CDATA[ANALISIS TINGKAT STRES DAN KANTUK PENGEMUDI TAKSI ONLINE GO-CAR DAN GRABCAR DI KOTA BANDUNG]]> Arie Desrianty, ST., MT. Dosen Pembimbing 1 NOVIE SUKMAWATY/132013151 Penulis
Perkembangan teknologi yang semakin pesat berdampak pula pada transportasi. Saat ini telah hadir transportasi online yang merupakan modifikasi dari transportasi konvensional. Menurut pakar teknologi informasi Heru Sutadi, saat ini transportasi online merupakan inovasi terbaru dan menarik perhatian masyarakat. Salah satu transportasi online yang terbaru yaitu taksi online. Menurut pengamat transportasi Darmaningtyas, taksi online pada saat ini lebih diminati oleh masyarakat umum karena masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan jasa antar hanya dengan memesan taksi online melalui smartphone dan tarif yang relatif lebih murah dibandingkan dengan taksi konvensional serta mendapatkan kenyamanan dan keamanan. Salah satu perusahaan taksi online yang sering digunakan masyarakat saat ini yaitu Go-Car dan GrabCar. Pengemudi taksi online Go-Car dan GrabCar merupakan pekerjaan yang monoton karena dilakukan secara terus-menerus. Pekerjaan yang monoton dapat menurunkan konsentrasi. Sistem taksi online seperti Go-Car dan GrabCar memiliki minimal target trip/hari yang harus dicapai oleh para pengemudi apabila ingin mendapatkan bonus, sehingga para pengemudi harus bekerja semaksimal mungkin agar dapat mendapatkan bonus setiap harinya. Selain itu, pekerjaan sebagai pengemudi taksi online dilakukan dalam jarak dan jam kerja yang tidak terbatas. Jam kerja yang tidak terbatas dan beban kerja berlebih akan memicu tingkat stres dan kantuk pada seorang pengemudi, hal ini tentu berkaitan dengan keselamatan kerja sehingga diperlukan pengukuran tingkat stres dan kantuk pada pengemudi taksi online Go-Car dan GrabCar di Bandung. Penelitian dilakukan dengan pengumpulan data terhadap 20 responden. Metode yang digunakan untuk pengukuran tingkat stres yaitu secara objektif menggunakan alat cocorometer dan pengukuran tingkat kantuk secara subjektif menggunakan metode Karolinska Sleepiness Scale (KSS). Pengukuran dilakukan pada kondisi sebelum perjalanan, sesudah perjalanan serta pada kondisi perbedaan waktu dan jarak. Secara umum terlihat para responden tidak terpengaruh tingkat stres pada kondisi sebelum perjalanan dan sesudah perjalanan, namun terlihat bekerja di waktu siang menuju malam lebih banyak yang mengalami tingkat stres, lalu pada perjalanan jarak jauh lebih banyak responden yang mengalami tingkat stres. Tingkat kantuk sebelum perjalanan dan sesudah perjalanan pada perbedaan waktu dan jarak cenderung tetap atau meningkat, tidak ada yang mengalami penurunan tingkat kantuk. Terutama pada perjalanan jarak jauh, cenderung banyak yang mengalami peningkatan. Hasil dapat dikaitkan dengan faktor penyebab terjadinya stres dan kantuk agar menjadi penguat analisis.