//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36

Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38

Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/contents/show_detail.inc.php on line 42
<![CDATA[ANALISIS STABILITAS TEROWONGAN DENGAN SISTEM NATM MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA]]> 0403026701 - Dr. Imam Aschuri, Ir., M.T. Dosen Pembimbing 1 Yusuf Ali Mukti / 22 2013 126 Penulis
Jalan tol Cisumdawu (61,6 km) dilengkapi dengan terowongan. Terowongan ini dibangun sepanjang 472 m dengan diameter 14 m. Terowongan berada pada seksi II tol Cisumdawu yang menghubungkan Rancakalong – Sumedang sepanjang 17,5 km. Terowongan ini dibangun dengan metode yang baru pertama diterapkan di Indonesia yaitu New Austrian Tunneling Method (NATM). NATM merupakan sistem yang dinamis dimana pekerjaan tidak bisa dihentikan apabila sudah dimulai. NATM umumnya digunakan pada tanah lunak dimana prinsip kerjanya adalah meningkatkan daya dukung tanah dengan cara menyuntikan cairan semen kedalam tanah yang akan digali, sehingga tanah akan menjadi lebih keras. Kemudian di lakukan lining dengan menerapkan shotcrete, soil nailing dan memasang dinding beton precast. Metode penggaliannya dibagi dua, Ring Cut Method (3 bench 7 step), dan Bench Cut Method (lower and upper section). Deformasi terbesar yang terjadi sebesar 0,0052 m pada galian top heading di kedalaman 40 m pada fase galian ke 27 dengan nilai SF = 1,903.