//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145
Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36
Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/contents/show_detail.inc.php on line 42
0429096502 - Hazairin, Ir., M.T.
Dosen Pembimbing 1
0415128905 - Erma Desmaliana, S.T.,M.T
Dosen Pembimbing 2
Rossa Lesmana / 22-2013-033
Penulis
Beton lolos air merupakan beton yang dimodifikasi dengan mengurangi atau tidak menggunakan agregat halus, sehingga memiliki pori kurang lebih berkisar 20% yang dapat meloloskan air. Beton lolos air dapat diaplikasikan perkerasan jalan dengan intensitas kendaraan yang rendah, area parkir, ataupun trotoar jalan. Tujuan dari peneletian ini, untuk menganalisis pengaruh faktor air semen terhadap sifat mekanik beton lolos air. Faktor air semen yang digunakan yaitu 0,30; 0,35; 0,40; 0,45; dan 0,50. Perancangan campuran beton lolos air menggunakan metode Standar Nasional Indonesia (SNI) yang dimodifikasi dengan pendekatan nilai modulus halus butir pada agregat kasar. Pengujian yang dilakukan pada penelitian ini adalah kuat tekan, kuat tarik belah, kuat lentur dan permeabilitas. Kuat tekan dan tarik belah tertinggi terdapat pada campuran beton dengan faktor air semen 0,30 sebesar 17,657 MPa dan 1,577 MPa. Hal ini disebabkan kadar udara pada campuran beton dengan faktor air semen 0,30 lebih kecil. Hasil Pengujian permeabilitas beton lolos air dengan debit terbesar terdapat pada campuran 0,30 sebesar 40,431 ml/s.