//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36

Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38

Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/contents/show_detail.inc.php on line 42
<![CDATA[PERANCANGAN APLIKASI PERHITUNGAN CESAL DAN TEBAL LAPIS TAMBAH MENGGUNAKAN METODE Pd T-05-2005-B]]> Heru Judi H Gultom, S.T.,M.T. Dosen Pembimbing 2 Tomy Kurniawan / 22 2013 143 Penulis
Tebal lapis tambah merupakan salah satu kegiatan berkala untuk meningkatkan kinerja perkerasan jalan sehingga jalan dapat menerima beban lalu lintas selama umur rencana. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang suatu aplikasi perhitungan CESAL dan tebal lapis tambah pada perkerasan lentur. Data lendutan menggunakan alat Falling Weight Deflectometer (FWD) ,metode yang digunakan untuk menghitung CESAL yaitu menggunakan Metode Manual Desain Perkerasan Jalan 2017 dan untuk menghitung tebal lapis tambah menggunakan Metode Pd T-05-2005-B serta membandingkan hasil perhitungan secara manual dan menggunakan aplikasi yang telah dirancang. Dari hasil penelitian didapat perbedaan antara hasil perhitungan manual dengan perhitungan aplikasi yang dirancang, perbedaan tersebut sebesar 0,4%. Perbedaan tersebut disebabkan pembulatan antara perhitungan manual dan perhitungan menggunakan aplikasi berbeda.