//
Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/sysconfig.inc.php on line 185

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; StringReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 48

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; FileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 84

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; CachedFileReader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/streams.php on line 145

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; gettext_reader has a deprecated constructor in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 36

Warning: session_start(): Cannot start session when headers already sent in /home/etdlibitenasac/public_html/index.php on line 38

Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/etdlibitenasac/public_html/index.php:1) in /home/etdlibitenasac/public_html/lib/contents/show_detail.inc.php on line 42
<![CDATA[ANALISIS KONDISI PERMUKAAN JALAN PERKERASAN KAKU DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI METODE PCI MELALUI PEMROGRAMAN DELPHI]]> Barkah Wahyu Widianto, S.T., M.T. Dosen Pembimbing 1 Kamaludin Ir.,M.T., M.Kom. Dosen Pembimbing 2 Andi Dwi Satria Oddang / 22 2014 177 Penulis
Suatu ruas jalan memiliki kapasitas tertentu untuk menahan beban lalu lintas dan tentunya akan mengalami tanda-tanda penurunan pelayanan seiring dengan berjalannya waktu. Tanda penurunan pelayanan tersebut terlihat dari munculnya kerusakan pada struktur perkerasan jalan, baik itu perkerasan lentur maupun kaku. Metode PCI merupakan metode yang digunakan pada tugas akhir ini untuk mengetahui kondisi perkerasan kaku pada ruas jalan Rancaekek Kabupaten Bandung yang menjadi lokasi penelitian. Metode PCI memiliki rentang nilai kondisi perkerasan jalan dari 0 (nol) sampai 100 (seratus) dengan rating good, satisfactory, fair, poor, very poor, serious, dan failed. Untuk mempermudah penggunaan metode PCI ini, seluruh alur perhitungan metode PCI diterjemahkan kedalam bahasa pemrograman Delphi dan didesain menjadi suatu aplikasi sehingga pengguna dapat menemukan nilai kondisi perkerasan jalan lebih cepat. Hasil analisis seluruh unit sampel sepanjang 2080 meter pada lokasi penelitian menurut ASTM D6433—07 dan dengan menggunakan aplikasi metode PCI menunjukkan nilai PCI yang sama sebesar 66,0 dengan klasifikasi kondisi perkerasan sedang.