EVALUASI PERILAKU DAN KINERJA PENURUNAN RANGKAK PADA TANAH GAMBUT DI BAWAH TIMBUNAN JALAN MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA
Penurunan merupakan salah satu permasalahan yang sering ditemui pada tanah gambut, dan merupakan hal yang sangat perting dibahas. Hal ini disebabkan tanah gambut memiliki kandungan kadar organik yang tinggi, sehingga terjadi dekomposisi atau pembusukan dalam waktu yang sangat lama. Penurunan yang terjadi pada tanah gambut terdiri dari penurunan seketika, penurunan primer, sampai dengan sekunder. Penelitian ini membahas perilaku dan kinerja penurunan rangkak yang merupakan penurunan sekunder. Lokasi penelitian ini terletak pada ruas jalan tol Pekanbaru-Dumai seksi 6 yang memiliki ketebalan gambut sebesar 17,5 m. Evaluasi dilakukan dengan menggunakan Plaxis 2D berbasis metode elemen hingga, dimana simulasi model Soft Soil Creep diharapkan dapat memberikan gambaran yang lebih jelas tentang penurunan rangkak. Semakin besar angka pori dan indeks kompresibilitas, maka semakin besar penurunan yang terjadi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya penurunan dengan pembebanan 10 kPa sebesar 10,92 mm/tahun atau < 20 mm/tahun (54,6%), sedangkan Faktor Keamanan sebesar 4,059
Detail Information
Citation
APA Style
. (2019).EVALUASI PERILAKU DAN KINERJA PENURUNAN RANGKAK PADA TANAH GAMBUT DI BAWAH TIMBUNAN JALAN MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA ().Teknik Informatika:FTI
Chicago Style
.EVALUASI PERILAKU DAN KINERJA PENURUNAN RANGKAK PADA TANAH GAMBUT DI BAWAH TIMBUNAN JALAN MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA ().Teknik Informatika:FTI,2019.Text
MLA Style
.EVALUASI PERILAKU DAN KINERJA PENURUNAN RANGKAK PADA TANAH GAMBUT DI BAWAH TIMBUNAN JALAN MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA ().Teknik Informatika:FTI,2019.Text
Turabian Style
.EVALUASI PERILAKU DAN KINERJA PENURUNAN RANGKAK PADA TANAH GAMBUT DI BAWAH TIMBUNAN JALAN MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA ().Teknik Informatika:FTI,2019.Text