PENILAIAN KINERJA JEMBATAN MENGGUNAKAN 3D TERRESTRIAL LASER SCANNING


3D Terrestrial Laser Scanning (3D TLS) adalah perangkat pengukuran digital yang menghasilkan sekumpulan titik dengan tingkat kerapatan yang tinggi atau biasa dikenal dengan istilah Point clouds. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kemampuan 3D TLS dalam memenuhi kebutuhan penilaian kinerja jembatan yang mengacu kepada kriteria desain jembatan yang diterbitkan oleh Kementrian Pekerjaan Umum pada tahun 2017.
Penilaian kinerja jembatan dilakukan pada point clouds hasil scanning terhadap kemiringan memanjang, kemiringan melintang, retakan, clearance area, kerataan permukaan jembatan, dan lendutan. Pada penilaian kemiringan memanjang hanya memenuhi kriteria sebesar 46.26 %, kemiringan melintang memenuhi kriteria 100 %, clearance area memenuhi kriteria 100 %. Pada kerataan permukaan jembatan memiliki nilai 7.94 mm/m menggunakan 3D TLS, sementara nilai kerataan yang diperoleh dari IRI Meter sebesar 5.48 mm/m, nilai ini perlu penelitian lebih lanjut untuk menjawab ekivalensi terhadap kedua nilai tersebut.
Pada peniliaian lendutan hanya bisa dilakukan terhadap lendutan dengan beban tetap karena kurangnya beban yang diberikan pada saat melakukan penilaian terhadap beban layan. Pada lendutan dengan beban tetap diperoleh nilai kurang dari    yang artinya jembatan ini memenuhi persyaratan lendutan. Pada penilaian retakan diperoleh lebar retakan sebesar 4 mm sepanjang 2.397 m pada lapisan finishing wing wall, namun pada penilaian retakan ini terbatas oleh tingkat kerapatan point clouds yang diperoleh sebagai akibat adanya korelasi antara jarak station terhadap objek permukaan sehingga hasil nilai retakan pada permukaan jembatan ini kurang komprensif secara keseluruhan.
Secara visual dari hasil photo instrument 3D TLS tidak ada kerusakan yang berarti pada jembatan ini sehingga jembatan ini hanya memerlukan tindakan pemeliharaan rutin.


LOADING LIST...

LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pengarang ANDI WIHARYANTO WAHYUDI/632018006 - Personal Name
0403026701 - Dr. Imam Aschuri, Ir., M.T. - Personal Name
0412017610 - Dr. Soni Darmawan, S.T., M.T. - Personal Name
No. Panggil 24MTS/22
Subyek 3D Terrestrial Laser Scanning, point clouds, kemir
kemiringan melintang, retakan, clearance area
kerataan permukaan jembatan, lendutan
Fakultas FTSP
Tahun Terbit 2022
Jurusan Magister Teknik Sipil
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik


Citation

. (2022).PENILAIAN KINERJA JEMBATAN MENGGUNAKAN 3D TERRESTRIAL LASER SCANNING().Magister Teknik Sipil:FTSP

.PENILAIAN KINERJA JEMBATAN MENGGUNAKAN 3D TERRESTRIAL LASER SCANNING().Magister Teknik Sipil:FTSP,2022.Text

.PENILAIAN KINERJA JEMBATAN MENGGUNAKAN 3D TERRESTRIAL LASER SCANNING().Magister Teknik Sipil:FTSP,2022.Text

.PENILAIAN KINERJA JEMBATAN MENGGUNAKAN 3D TERRESTRIAL LASER SCANNING().Magister Teknik Sipil:FTSP,2022.Text

 



Homepage Info

Koleksi  ETD adalah merupakan Tugas Akhir mahasiswa Itenas dalam menempuh program Sarjana/Magister. Seluruh isi dari Tugas Akhir adalah merupakan tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Koleksi


Total ETDs : 18011

Total Kunjungan: 33810 dari Maret 2018

Media Sosial / Kanal

Address

UPT Perpustakaan Itenas
Jl. PKH. Mustopha No.23
Bandung 40124, Indonesia
Phone: +62-22-7272215,
email: libary[at]itenas.ac.id