KAJIAN NILAI WHEEL TRACKING PADA CAMPURAN BERASPAL DENGAN AGREGAT YANG DI RENDAM DENGAN LARUTAN KAPUR DAN MORTAR
Jenis batuan di wilayah Propinsi Jawa Barat umumnya memiliki penyerapan agregat terhadap air yang relatif tinggi karena mengandung banyak pori. Sebelum agregat digunakan sebagai bahan campuran perkerasan aspal, sifat fisik pada agregat perlu diperbaiki dengan cara direndam dengan larutan kapur dan mortar. Penelitian ini menggunakan aspal penetrasi 80. Agregat kasar yang digunakan berasal dari Nagrek Dan Leuwigajah yang direndam dengan larutan kapur dan mortar yang dimampatkan di dalam tabung dan diberi tekanan sebesar 50 + 5 Psi untuk mempercepat waktu perendaman. Setelah didapat Kadar Aspal Optimum, maka dilakukan pengujian Wheel Tracking untuk mengetahui nilai deformasi permanen pada perkerasan LASTON AC-BC. Hasil pengujian Wheel Tracking didapat data yaitu Deformasi Awal (Do) untuk agregat Nagrek yang direndam larutan kapur (Do = 1,79 mm), agregat Leuwigajah yang direndam larutan kapur (Do = 1,99 mm), agregat Nagrek yang direndam larutan mortar (Do = 3,00 mm), agregat Leuwigajah yang direndam larutan mortar (Do = 2,29 mm). Dynamic Stability (DS), dan Rate of Deformation (RD). Setelah dilakukan pengujian, dapat dilihat bahwa agregat yang direndam larutan kapur lebih baik jika dibandingkan dengan
agregat yang direndam larutan mortar karena mengalami perubahan deformasi yang lebih kecil dibandingkan dengan agregat yang direndam larutan mortar.
Detail Information
Citation
APA Style
. (2007).KAJIAN NILAI WHEEL TRACKING PADA CAMPURAN BERASPAL DENGAN AGREGAT YANG DI RENDAM DENGAN LARUTAN KAPUR DAN MORTAR ().Teknik Sipil:FTSP
Chicago Style
.KAJIAN NILAI WHEEL TRACKING PADA CAMPURAN BERASPAL DENGAN AGREGAT YANG DI RENDAM DENGAN LARUTAN KAPUR DAN MORTAR ().Teknik Sipil:FTSP,2007.Text
MLA Style
.KAJIAN NILAI WHEEL TRACKING PADA CAMPURAN BERASPAL DENGAN AGREGAT YANG DI RENDAM DENGAN LARUTAN KAPUR DAN MORTAR ().Teknik Sipil:FTSP,2007.Text
Turabian Style
.KAJIAN NILAI WHEEL TRACKING PADA CAMPURAN BERASPAL DENGAN AGREGAT YANG DI RENDAM DENGAN LARUTAN KAPUR DAN MORTAR ().Teknik Sipil:FTSP,2007.Text