PERENCANAAN PENGEMBANGAN PELAYANAN AIR BERSIH DI KECAMATAN SOREANG BANDUNG SELATAN


Kecamatan Soreang dalam konteks Kabupaten Bandung merupakan Ibukota Kabupaten Bandung. Sejalan dengan perkembangan waktu Kecamatan Soreang telah tumbuh dan berkembang balk penduduk maupun kegiatan masyarakatnya pertumbuhan dan perkembangan tersebut pada giliran akan meningkatkan kebutuhan akan sarana dan prasarana perkotaan di Kecamatan Soreang Saat ini pelayanan air bers1h di Kecamatan Soreang baru mencakup 5 desa dengan persentase pelayanan sebesar 3% dan seluruh jumlah penduduk di Kecamatan Soreang dan 18,5% dari seluruh jumlah penduduk pada daerah pelayanan, oleh karena itu diperlukan suatu perencanaan sistem distribusi baru yang dapat memenuh1 kebutuhan penduduk Kecamatan Soreang Perencanaan pengembangan sistem distribusi pada Kecamatan Soreang yang meliputi 7 desa memerlukan 20 tahun periode perencanaan dengan persentase akhir pelayanan sebesar 80% dari jumlah penduduk ke-7 desa tersebut
Langkah-langkah yang ditempuh pada perencanaan sistem distribusi air bersih Kecamatan Soreang adalah tahap prarencana dan rencana sistem distribusi air bersih. Pada tahap prarencana dilakukan perh1tungan proyeks1 penduduk dengan perhrtungan perk1raan jumlah penduduk pada tahun 2021 sebanyak 77288 Jlwa dengan perkrraan kebutuhan a1r bersihnya sebesar 95.425 lt/dtk untuk Q rata-rata 224 6 ltldt untuk Q jam puncak, dan 142.5 lt/dt untuk Q hari maksimum dan dilakukannya pembuatan alternatrf Jalur pipa transmisi dan distribusi dengan sumber air yanq digunakan adalah Sungai Cisangkuy, serta penentuan alternallf jalur pipa transmisi dan distribusi terpilih yang ditentukan berdasarkan pertimbangan dan segi teknis pengoperasian dan perawatan serta dari segi ekonomis. Pada tahap rencana dilakukan penentuan sistem distribusi pengaliran yaitu dengan pengaliran secara gravitasi. Pada sistem distribusi pola jaringan pipa dan jenis pipa yang akan digunakan sesuai dengan karaktenstik daerah perencanaan yaitu dengan pola loop dan dengan jenis pipa ACP dan PVC serta dilakukan perhitungan cadangan air untuk sistem pemadam kebakaran dan perhitungan volume reservoir distribusi. Pada tahap akhir dilakukan perhitungan anggaran biaya berdasarkan rencana pekerJaan yang telah dibuat.


LOADING LIST...

LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pengarang MUHAMMAD IRMAN GUNAWARMAN/251995011 - Personal Name
Dwina Roosmini - Personal Name
No. Panggil 063TL/03
Subyek
Fakultas FTSP
Tahun Terbit 2003
Jurusan Teknik Lingkungan
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :

Citation

. (2003).PERENCANAAN PENGEMBANGAN PELAYANAN AIR BERSIH DI KECAMATAN SOREANG BANDUNG SELATAN().Teknik Lingkungan:FTSP

.PERENCANAAN PENGEMBANGAN PELAYANAN AIR BERSIH DI KECAMATAN SOREANG BANDUNG SELATAN().Teknik Lingkungan:FTSP,2003.Text

.PERENCANAAN PENGEMBANGAN PELAYANAN AIR BERSIH DI KECAMATAN SOREANG BANDUNG SELATAN().Teknik Lingkungan:FTSP,2003.Text

.PERENCANAAN PENGEMBANGAN PELAYANAN AIR BERSIH DI KECAMATAN SOREANG BANDUNG SELATAN().Teknik Lingkungan:FTSP,2003.Text

 



Homepage Info

Koleksi  ETD adalah merupakan Tugas Akhir mahasiswa Itenas dalam menempuh program Sarjana/Magister. Seluruh isi dari Tugas Akhir adalah merupakan tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Koleksi


Total ETDs : 18011

Total Kunjungan: 10098 dari Maret 2018

Media Sosial / Kanal

Address

UPT Perpustakaan Itenas
Jl. PKH. Mustopha No.23
Bandung 40124, Indonesia
Phone: +62-22-7272215,
email: libary[at]itenas.ac.id