PERENCANAAN SISTEM PLAMBING BANDUNG ELEKTRONIK CENTER (BEC) - BANDUNG


Sistem plambing merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam pembangunan gedung. Oleh karena itu, perencanaan dan perancangan sistem plambmg haruslah dilakukan bersamaan dengan bidang-bidang pembangunan gedung lainnya, seperti bidang arsitck, sipil dan lainnya. Perencanaan dan perancangan dtlakukan secara bersamaan dengan bidang-bidang lainnya dapat membantu memudahkan pemasangan, pemeliharaan dan perbaikan. Selain itu perencanaan dan perancangan harus memperhatikan nilai-nilai keselamatan, keamanan, estetika dan ekonomi.
Sistem plambing yang direncanakan terdiri dari jenis dan fungsi penggunaan pipa itu sendiri, diantaranya sistem plambing air bersih, sistem plambing air buangan yang dibagi menjadi 2 bagian, yaitu air buangan padat (black water) dan air buangan ringan (grey water), sistem vetilasi udara, sistem plambing pencegah kebakaran, yaitu springker dan hidran, dan sistem pengaliran air hujan.
Fasilitas perkotaan yang disediakan diantaranya:
• Deep well merupakan sumber air baku sebagai pelayanan suplai air bersih untuk gedung BEC dan air dari PDAM sebagat sumber air baku cadangan. Suplai air tersebut mempunyai tekanan dan debit pengaliran yang cukup rendah, sehingga diperlukan tangki penampungan air bawah (ground tank) dan tangki penampungan air atas (roof tank).
• Pelayanan pemadam kcbakaran (hidran pilar), dan PDAM kota Bandung.
• Saluran pembuangan dramase kota.
Dalam tahap pemasangan diperlukan koordinasi dengan bidang kontruksi dan arsitek dalam tahap pelaksanaan dilapangan agar tidak terjadi kesalahan-kesalahan penempatan, pemasangan baik pipa, unit saniter, dan fasilitas plumbing lainnya. Adapun unit plambing yang tersedia digedung BEC yaitu : water closet (175 unit), faucets (175) unit, lavatory ( 112 unit), urinals (31 unit), kitchen sink (5 urut) dan keran taman (2 unit), dengan cara pemasangan dan penyambungan unit-unit plambing yang telah disesuaikan dalam spesifikasi teknik unit-urut plambing.


LOADING LIST...

LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pengarang OKE YUSMA NOERJAMAN/251995055 - Personal Name
BENNY CHATIB - Personal Name
No. Panggil 068TL/03
Subyek
Fakultas FTSP
Tahun Terbit 2003
Jurusan Teknik Lingkungan
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :

Citation

. (2003).PERENCANAAN SISTEM PLAMBING BANDUNG ELEKTRONIK CENTER (BEC) - BANDUNG().Teknik Lingkungan:FTSP

.PERENCANAAN SISTEM PLAMBING BANDUNG ELEKTRONIK CENTER (BEC) - BANDUNG().Teknik Lingkungan:FTSP,2003.Text

.PERENCANAAN SISTEM PLAMBING BANDUNG ELEKTRONIK CENTER (BEC) - BANDUNG().Teknik Lingkungan:FTSP,2003.Text

.PERENCANAAN SISTEM PLAMBING BANDUNG ELEKTRONIK CENTER (BEC) - BANDUNG().Teknik Lingkungan:FTSP,2003.Text

 



Homepage Info

Koleksi  ETD adalah merupakan Tugas Akhir mahasiswa Itenas dalam menempuh program Sarjana/Magister. Seluruh isi dari Tugas Akhir adalah merupakan tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Koleksi


Total ETDs : 18011

Total Kunjungan: 9893 dari Maret 2018

Media Sosial / Kanal

Address

UPT Perpustakaan Itenas
Jl. PKH. Mustopha No.23
Bandung 40124, Indonesia
Phone: +62-22-7272215,
email: libary[at]itenas.ac.id