PENGENALAN WAJAH UNTUK ALUMNI MENGGUNAKAN METODE FISHERFACE
Wajah merupakan bagian dari tubuh manusia yang menjadi salah satu ciri dan keunikan yang dimiliki setiap individu. Dari waktu ke waktu perubahan pada wajah tentu saja akan terjadi oleh banyak faktor, terutama usia, dalam hal ini wajah alumni. Alumni yaitu sekelompok orang yang telah mengikuti atau tamat dari suatu sekolah atau perguruan tinggi. Salah satu teknologi yang digunakan untuk mengidentifikasi wajah yaitu pengenalan wajah. Fisherface adalah salah satu metode yang digunakan untuk mengenali wajah seseorang. Penelitian ini telah menghasilkan sistem yang bisa membantu pencarian informasi alumni mahasiswa dengan cepat hanya dengan menggunakan variabel wajah. Pengujian telah dilakukan dengan mengambil citra wajah menggunakan detektor wajah yang telah disisipkan di aplikasi pengenalan wajah pada Android. Data citra yang telah diambil lalu akan dicocokan dengan data latih yang telah tersimpan pada database menggunakan pendekatan Euclidean Distance. jarak Euclidean antara data latih dan data citra uji kemudian akan dihitung dan dicari jarak paling rendah diantara keduanya. Jarak Euclidean paling rendah memiliki arti bahwa data citra uji yang diuji memiliki tingkat kecocokan yang tinggi dengan data latih. dari hasil pengujian dapat disimpukan bahwa metode Fisherface dapat dengan baik mengenali data citra uji menggunakan 150 data latih dan 75 data citra uji dengan tingkat akurasi sebesar 100% dengan wajah netral, 80% dengan ekspresi senyum, 60% dengan atribut kacamata, 86.66% dengan make-up, dan 100% dengan wajah menyamping.
Detail Information
Citation
APA Style
. (2017).PENGENALAN WAJAH UNTUK ALUMNI MENGGUNAKAN METODE FISHERFACE ().Teknik Informatika:FTI
Chicago Style
.PENGENALAN WAJAH UNTUK ALUMNI MENGGUNAKAN METODE FISHERFACE ().Teknik Informatika:FTI,2017.Text
MLA Style
.PENGENALAN WAJAH UNTUK ALUMNI MENGGUNAKAN METODE FISHERFACE ().Teknik Informatika:FTI,2017.Text
Turabian Style
.PENGENALAN WAJAH UNTUK ALUMNI MENGGUNAKAN METODE FISHERFACE ().Teknik Informatika:FTI,2017.Text